Rabu, 15 Desember 2010

Pohon Natal Ini Diterangi oleh Belut Listrik

Berita diperoleh dari : http://teknologi.vivanews.com/news/read/192239-pohon-natal-ini-diterangi-oleh-belut-listrik
Minggu, 5 Desember 2010, 13:34 WIB
Indra Darmawan 
Belut listrik menerangi lampu hias di pohon natal di Jepang  
(Sumber: www.vivanews.com)

VIVAnews - Memasuki akhir tahun ini, beberapa pohon natal sudah menghias berbagai sudut pertokoan. 
Tapi ada yang unik dari pohon natal yang tengah dipajang di akuarium publik Shin Enoshima, Fujisawa, Kanagawa Jepang. 
Sekilas, kerlipan lampu hias di pohon natal itu tak beda dengan lampu-lampu hias di pohon natal lainnya. Namun, ternyata lampu tersebut ditenagai oleh belut listrik yang berada tak jauh dari pohon natal tersebut. 
Seperti dikutip dari situs Discovery, di dekat pohon tersebut terdapat sesosok belut listrik yang tengah berada dalam sebuah akuarium yang tak begitu besar. Namun, akuarium itu dilengkapi dengan dua panel aluminium yang berfungsi sebagai elektroda, yang akan mengirimkan energi listrik ke lampu pohon natal. 
Menurut pendiri dan juru bicara Enoshima Aquarium Kazuhiko Minawa, setiap kali belut listrik itu bergerak, belut akan menghasilkan lebih dari 800 watt listrik yang bisa digunakan untuk menyalakan lampu hias di pohon natal. 
"Bila kita bisa mengumpulkan semua belut listrik di seluruh dunia, kita bisa memberikan penerangan bagi pohon natal yang besarnya tak terhingga," kata Minawa setengah bercanda.

Belut listrik biasanya hidup di dalam kegelapan, sementara di akuarium tersebut, nampaknya ia musti beradaptasi dengan cahaya yang terang. Jadi belum jelas, apakah ia akan bisa terus hidup dengan sehat untuk menerangi pohon natal selama sebulan ini.
Yang pasti,  ide belut listrik sebagai sumber alternatif bagi konsumsi listrik yang mungkin akan melonjak di akhir tahun ini, memang sangat masuk akal. Khususnya bagi orang yang sehari-harinya berkecimpung dengan dunia ikan seperti Kazuhiko Minawa.

Analisa:
Natal menghampiri kita semua, Ide bermunculan untuk mencari alternatif sumber energi seperti halnya pada artikel diatas. Kazuhiko Minawa menggunakan belut listrik sebagai sumber energi untuk pohon natal dimana hal ini dapat menghemat penggunaan listrik dari supplier listrik di negara tersebut. Dilihat dari kestabilan listrik, pastinya pengguna belut listrik ini sudah memikirkannya dengan menggunakan stabilizer listrik agar memperoleh listrik yang stabil. Kelemahan dalam penggunaan belut listrik sebagai sumber listrik adalah belut listrik harus bergerak untuk menghasilkan daya listrik, apabila belut listrik tidak bergerak yang dikarenakan lemas karena lingkungan yang terang pohon natal tidak akan menerima daya listrik dari belut listrik dan lampu pohon natal tidak akan menyala.

Pada artikel tersebut telah dikatakan bahwa belut listrik merupakan makhluk laut yang hidup di dasar laut dengan tingkat cahaya yang rendah yang mana belut listrik yang digunakan sebagai pembangkit daya listrik harus mengadaptasi tempat barunya yang terang dan sempit seperti pada digambar. Hal ini cukup membahayakan nyawa bagi hewan laut tersebut apabila tidak dapat mengadaptasikan diri dengan lingkungan barunya dengan cepat.

Kalo penasaran ada videonya jg loh teman-teman klik link dibawah ini:
http://teknologi.vivanews.com/news/read/192239-pohon-natal-ini-diterangi-oleh-belut-listrik





4 komentar:

  1. menarik dan unik banget.. Ada kelemahan dan kelebihannya sih.. Spt yg ferry katakan, pohon natal hanya akan terlihat terang saat belut2 itu bergerak dan menghasilkan daya listrik.. tapi kalo ga bergerak ya pohon natal itu kurang menarik dibandingkan dgn pohon natal yg berkelap-kelip sepanjang hari dgn mggnkan daya listrik PLN..

    BalasHapus
  2. wew..lucu jg ya belut listrik dijadikan energi untuk menerangi pohon Natal. Tapi semoga saja belut listrik mampu meneranginya hingga Natal tiba. Kreatif idenya, tetapi agak sedikit ke arah exploitasi binatang se. Semoga saja belut tsb dapat bertahan hidup.

    BalasHapus
  3. banyak orang merayakan natal dengan cara mereka masing-masing. seperti halnya yang satu ini. membuat pohon natal yang cahayanya menggunakan listrik dari pergerakn belut. hal ini menghemat listrik juga dan unik. ini patut di contoh juga karena beda dari yang lain

    BalasHapus
  4. Belutnya bisa dipakai buat menghidupkan listrik di rumah ga ya?? kalo bisa hemat banget nih... hehe.... dengan semakin menipisnya minyak dunia kita harus makin berhemat nih menggunakannya. Mencari energi alternatif merupakan salah satu jalan keluar yang paling diminati.

    BalasHapus